Anak Kelas 5 SD Berfungsi Jadi Ayah Sekaligus Ibu Bagi 3 Orang Adiknya

1163

PILARBANGSA.COM – Anda seorang ibu punya anak 4 (empat), yang besar anak anda itu laki-laki berumur 10tahun, nomor 2 juga laki laki berumur 5,5tahun, adiknya cewek 2,5 tahun, yang bungsu 5bulan masih erat dalam pangkuan menyusu.

Selama ini hidup anda tergantung dari pemberian suami. Kini suami anda meninggal dunia dan pergi untuk selamanya dengan meninggalkan tanggungan anak 4 orang

Itulah yang dialami oleh ibu dari seorang bocah bernama Riko ( nama samaran), ibunya 4 bulan yang lalu merantau ke Surabaya, entah apa pekerjaan ibunya dikota Surabaya itu, Riko sendiri tidak pernah tahu.

Sebelum ibu Riko merantau, ibunya berpesan; “Riko.., kamu jaga adik adikmu ya nak, ibu gak bisa hidup dikota ini, ibu akan pergi merantau, tapi ibu tak sanggup membawa kalian ikut serta.”

“Riko sekolah Bu, adik Lina sama siapa mimiknya. Terus kalau Riko pergi sekolah pada siapa adek dititipkan?” kata Riko murid kelas 5 SD ini, yang merasa gamang harus mengasuh 3 orang adiknya.

Foto bersama dengan orang menyantuni stelah namanya mencuat di Facebook

“Kamu enggak usah aja sekolah. Jagain aja adik adikmu. Mimiknya kan ada DOT botol, kamu isi aja air putih, kasih ke adek mu ya nak,” bujuk Rina (juga nama samaran) pada anaknya.

“Iya Bu,” jawab Riko patuh

Sebelum Riko bersama 3 adiknya dipindahkan dari rumah sekarang di kampung dusun Babakan Kenanga, Desa Wargaluyu – Tanjung Medar ( Sumedang ) Jawa Barat, mereka bersama ibunya dulu tinggal Kampung Rambutan.

Tak ada saudara dekat maupun saudara jauh yang memperhatikan kehidupan ke 4 bocah ini. Hari hari mereka lewati disebuah rumah kontrakan berdinding tadiah (anyaman bambu) tanpa pengawasan orang tua. Semua kebutuhan Riko dan adik adiknya, mulai dari memasak, mencuci pakaian, mengasuh adiknya Lina yang berumur 5bulan itu, Riko lah yang menutaskan sendiri.

Menurut penuturan Riko, ibunya setiap pekan hanya mampu mengirim mereka duit Rp 50.000-100.000/Minggu.

Bisakah anda membayangkan hidup dengan dengan bekal uang Rp 50.000-100.000/Minggu. betapa susahnya Riko sianak SD ini mengatur penggunaan uang yang segitu untuk biaya mereka.

Tapi untunglah penderitaan Riko kini telah berakhir, setelah seorang Facebooker memposting foto foto dan Vidio Riko di medsos, beritanya menjadi tersebar dan viral dikalangan nitizen di Jawa Barat.

Alhamdulillah Ya Allah…..Sujud syukur atas semuanya. Kekuatan medsos memang luar biasa, berkat postingan medsos, info ini telah tersampaikan pada instansi terkait ditambah beberapa orang Hamba Allah yg peduli pada mereka. Allah telah memberikan pertolongan Nya melalui jalan bantuan pada bocah bocah malang ini. Untuk itu mari kita doakan semoga anak yatim tak ber-ayah ini bisa hidup layak…..Amin Yarroball aAamin….

Sumber dari postingan Facebooker.
(Yuharzi Yunus)

loading...

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here