Ibu Nunik Handayani Di Tanambulava Sulawesi Tengah Olah Kelapa Jadi Minyak Makan

432

Pilarbangsa.com. Sigi. Sulawesi Tengah. Home Idustri (Industri Rumahan) pembuatan Minyak Makan milik Ibu Nunik Handayani dan Sahara di Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, sejak didirikan 5 tahun lalu sampai sekarang tetap jalan. Dari usaha ini hasilnya dapat menambah income keluarga kedua ibu tersebut.

Laporan Ais Manggala dari Tambulava mengatakan, industri rumahan pembuatan Minyak Makan itu bahan bakunya kelapa.

Ibu Nanik bisa memproduksi minyak makan 5 sampai 8 botol bir minyak makan dalam sehari. Tergantung dari persediaan kelapa yang dibeli dari pedagang lokal.

Tanaman Kelapa di daerah ini telah dikembangkan secara turun temurun oleh masyarakat disana dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Sehingga daerah kecamatan Tanambulava salah satu kecamatan penghasil kepala di kabupaten Sigi.

Ibu Nunik Handayani dan Sahara, mengolah kelapa itu dengan cara, pertama kelapa diparut setelah diparut diambil Pati santannya lalu kemudian dijerangkan dengan kuali.

Pati santan kelapa tadi dipanaskan, setelah lebih kurang 3 jam, proses pembuatan minyak makan sudah siap diproduksi dengan cara menyaring hasil olahan Pati santan yang sudah dipanaskan itu.

Kegiatan Ibu Nunik dan Sahara, beberapa waktu yang lalu sudah didatangi kru Net TV. Namun kata Ais Mangala belum ada kata pasti kapan ditayangkan oleh stasiun TV swasta tersebut.

Yuharzi Yunus

loading...

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here