Jokowi Ranking 16 Pada Tahun 2018 Dan SBY Ranking 7 Dalam 50 Peringkat Teratas, Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia

1247

PILARBANGSA.COM – Ketika Propaganda Heboh PSI yang menyesatkan, maka fakta dunia terkuak.

Pagi ini ada sedikit kejutan ketika mengklik salah satu berita online, situs RMOL Minggu pagi ini 15/04/2018 melansir salah satu berita yang bertajuk :

Partai Solidaritas Indonesia : Dunia Internasional Akui Kepemimpinan Jokowi Bangun Islam dan masuk dalam 50 peringkat Muslim teratas yang paling berpengaruh di Dunia sumber : http://rmol.co/read/2018/04/15/335415/PSI:-Dunia-Internasional-Akui-Kepemimpinan-Jokowi-Bangun-Islam-.

Berikut cuplikan berita di atas yang memang dibuat menjadi sangat MENGHEBOHKAN, tetapi juga MENYESATKAN :

RMOL. Masuknya nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam The Muslims 500 membuktikan bahwa dunia internasional mengakui kepemimpinannya di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Hal itu sebagaimana diutarakan Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni, dalam surat elektronik yang diterima redaksi, Sabtu (14/4).

“Ini adalah sebuah penghargaan dan pengakuan dari dunia internasional terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi dalam membangun Islam moderat di negara bependuduk muslim terbanyak di dunia. Selamat, Pak Jokowi,” jelas Toni.

Dahi berkerut. apa maksud Jokowi masuk dalam 50 besar pemimpin ISLAM di seluruh Dunia? dan seperti biasanya sengaja di HEBOHKAN, bukankah itu hal biasa, karena Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk mayoritas agama ISLAM terbesar di DUNIA,? Iseng saya mencoba untuk melihat peringkat Presiden sebelumnya “SBY”. Tanpa berpikir lagi, tangan langsung melakukan pencarian di layar monitor. Satu hal kelemahan media di Indonesia, mereka tidak pernah mencantumkan referensi sumber berita terkait, sehingga untuk melakukan pengecekan harus mempunyai kemampuan teknis dan bahasa tentunya, sungguh dilematis.

Dalam hitungan detik, sumber situs berita tersebut telah didapatkan. Situs yang telah mempublikasikan The Muslim500 – The World’s most’ influental muslim atau dalam bahasa Indonesia “ 500 Muslim yang paling berpengaruh di Dunia. Situs tersebut dikelola oleh Pusat Studi Strategis Islam Kerajaan (MABDA المركز الملكي للبحوث والدراسات الإسلامية) merupakan lembaga penelitian independen yang berafiliasi dengan Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought. The Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought adalah lembaga non-pemerintah Islam internasional independen yang berkantor pusat di Aman, ibu kota Kerajaan Yordania.

Timbulnya pertanyaan di atas perihal posisi urutan JOKOWI yang masuk 50 besar tentu saja menimbulkan sensasi tersendiri, terutama peringkat , anda mungkin tahu maksud saya. Selama ini kita ketahui kepemimpinan ERA JOKOWI cenderung bersikap represif terhadap Umat Islam di Indonesia, selain itu ditambah informasi yang berasal dari media luar, kurang dan lebihnya memberikan penilaian sebagai berikut :

1. situs The Australian Finacial Review dengan headline “Indonesian President Joko Widodo courts Islamists in push for economic agenda “ kurang lebih diartikan : Jokowi telah memperadilkan Tokoh/Ulama Islam sebagai salah satu cara untuk mencapai agenda ekonomi-nya.

2. Laporan dari Hak Asasi Manusia Dunia , bagaimana Jokowi membuat Perpu Ormas dan membubarkan organisasi HTI , hal 271 bersumber dari : World Report, Human Rights Watch 2017

The Muslim500 – The World’s most’ influental muslim

Dalam situs publikasi tersebut, terdapat informasi ketentuan Pemilihan atas nama Individu atau komunitas dari 500 tokoh Muslim secara keseluruhan.

Situs tersebut mempublikasi 500 tokoh muslim dari berbagai manca negara dengan tujuan untuk memastikan pengaruh sebagian umat Islam terhadap masing-masing wilayah geografisnya. baik secara pribadi atau atas nama komunitas.

Pengaruh yang dimaksud adalah : Bagaimana setiap orang yang memiliki kemampuan (baik itu budaya, ideologi, keuangan, politik atau lainnya) untuk membuat perubahan yang memiliki dampak signifikan pada dunia Muslim. Perhatikan bahwa dampaknya bisa positif atau negatif, tergantung sudut pandang seseorang. Pemilihan orang untuk publikasi ini sama sekali tidak berarti bahwa kita mendukung pandangan mereka; tetapi kami hanya mencoba mengukur pengaruh mereka. Pengaruhnya dapat berupa seorang sarjana agama yang secara langsung berbicara kepada orang-orang Muslim dan mempengaruhi keyakinan, gagasan, dan perilaku mereka, atau dapat berupa peraturan / kebijakan yang membentuk faktor-faktor sosio-ekonomi di mana umat muslim menjalani aktivitas kehidupan mereka, atau para seniman yang membentuk budaya populer. Dua contoh pertama juga menunjukkan fakta bahwa daftar peringkat terutama yang masuk ke dalam Top 50, didominasi oleh para ulama dan kepala negara. Pengaruh dominan dan abadi mereka tidak dapat disangkal, terutama para penguasa, yang dalam banyak kasus juga menunjuk para ulama pada posisi masing-masing.

Dengan tidak mengurangi jumlah pengaruh yang signifikan dari kelompok masyarakat lainnya. Situs Publikasi The Muslim500 tersebut memilih individu Muslim dari berbagai kategori atas dasar besarnya pengaruh dan dampaknya , yang di bagi dalam 13 bidang, yaitu :

1. Ilmiah
2. Politik
3. Administrasi Urusan Agama
4. Pengkhotbah dan Pemandu Spiritual
5. Filantropi / Amal dan Pengembangan
6. Isu sosial
7. Bisnis
8. Ilmu pengetahuan dan teknologi
9. Seni dan Budaya
10. Pembaca Al-Qur’an
11. Media
12. Bintang Selebriti dan Olahraga
13. Kelompok yang dikategorikan ektrim

Untuk pilihan Individu tercantum dalam setiap kategori berdasarkan wilayah geografis (Timur Tengah dan Afrika Utara, Afrika Sub-Sahara, Asia, Eropa, Oceania, Amerika Utara, Amerika Selatan), kemudian dalam urutan abjad berdasarkan negara dan nama keluarga.

Situs The Muslim500 menyatakan bahwa untuk melakukan pengukuran “pengaruh” atas nama individu / kelompok tentu saja merupakan aspek yang paling menantang dengan timbulnya berbagai pendapat yang berbeda-beda. Pengaruh kadang-kadang dapat diukur berdasarkan kuantitatif, jumlah pengikut, jumlah buku yang ditulis, jumlah penjualan, dll, tetapi lebih sering itu bukan sesuatu yang terukur dalam hal kuantitatif dan lebih terkait dengan dampak kualitatif dari pengaruh tersebut.

Kombinasi metrik sosial, opini publik (kami memiliki panggilan terbuka selama sebulan untuk nominasi setiap tahun, dan semua saran dipertimbangkan) dan pendapat ahli adalah dasar dari upaya mengukur pengaruh ini. Prestasi seumur hidup diberikan penilaian lebih daripada pencapaian dalam tahun berjalan.

Orang-orang yang menjadi pelopor, atau suara tunggal di daerah terpencil juga diperhitungkan saat kita memberi penilaian kepada orang-orang yang dianggap sebagai problem solver/pemecah masalah yang berpengaruh pada skala lokal ataupun global. Ini berarti bahwa daftar nama kami akan berubah secara bertahap, bukan secara dramatis, dari tahun ke tahun. Daftar ini berfungsi sebagai kesempatan untuk menjelaskan beberapa tantangan dan memelopori keberhasilan-keberhasilan pada inti pembentukan komunitas Muslim.

PERINGKAT JOKOWI diantara PRESIDEN RI sebelumnya:

Setelah melihat acuan dalam penilaian untuk setiap Individu maupun kelompok dalam skala Internasional yang dilakukan oleh situs The Muslim500, tiba saatnya saya melihat peringkat JOKOWI yang di buat HEBOH oleh Partai Solidaritas Indonesia yang diwakili oleh Raja Juli Antoni.

Peringkat JOKOWI ternyata berada pada posisi ke 16 untuk tahun 2018, selanjutnya saya buka pada tahun-tahun sebelumnya.

Berikut Peringkat JOKOWI DAN sby pada situs The Muslim500, sebagai satu-satunya situs yang melakukan penilaian 500 Tokoh-Tokoh Muslim sedunia

=========================================================
JOKOWI Peringkat 16 SBY Peringkat 7

——————————————————————————————————

Ternyata kita melihat suatu FAKTA yang tidak terbantahkan baik di dalam Negeri sendiri, maupun DUNIA INTERNASIONAL, terbukti selama ERA KEPEMIMPINAN JOKOWI telah terjadi penurunan kualitas hubungan, komunikasi, ketidakadilan dll antara JOKOWI dan UMAT Islam dengan ditandai adanya penurunan 9 angka sejak di ERA SBY peringkat 7 meluncur cepat ke peringkat 16, sebagai kelompok Mayoritas di negara Republik ini. Sementara Erdogan berada pada posisi ke 5 di era JOKOWI, dan di Era SBY pada akhir jabatannya 2013, Erdogan masih tetap pada posisinya peringkat ke 5, sama dengan tahun 2018 ini.

Apa sesungguhnya yang anda cari PSI ? karena ANDA kami menemukan FAKTA DUNIA yang sebenarnya.
Ternyata, bukan kami saja yang merasakan ketidakadilan itu, tapi DUNIA-pun tahu.

Terimakasih untuk FAKTA yang telah anda berikan untuk kesekian kalinya.

References:
1. http://rmol.co/read/2018/04/15/335415/PSI:-Dunia-Internasional-Akui-Kepemimpinan-Jokowi-Bangun-Islam-
2. https://coconuts.co/jakarta/news/president-joko-widodo-named-13th-most-influential-muslim-world/
3. http://www.globeasia.com/globeasia-lists/2017-globeasia-power-50-list/
4. https://www.reddit.com/r/indonesia/comments/571j74/president_joko_widodo_named_13th_most_influential/
5. https://www.arewaobserver.com/full-list-of-the-top-50-most-influential-muslims-in-the-world-buhari-shekau-sultan-of-sokoto-listed-among/
6. https://www.w3livenews.com/News/ReadArticle
7. https://www.hrw.org/world-report/2018/country-chapters/indonesia

Oleh : Indra Wardhana
Aktivis 90
BPM/Badan Perwakilan Mahasiswa, Trisakti periode 1990
Senat Kepala Kajian Strategis Eksternal, Trisakti periode 1993
Ketua Data dan Informasi ISMEI – Ikatan Senat Mahasiswa Ek. Indonesia 1994
Gerakan Sarjana Jakarta 1998
Jaket Biru, Alumni – Departemen Pengkajian Ekonomi Internasional dan Politik
16 tahun menggeluti bidang perminyakan dan 7 tahun di bidang Risk Management

loading...

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here