Kegiatan Padu Padan BPTP Balitbangtan Sumatera Barat dengan Dispangtan Kab.Kep.Mentawai dan Koramil Sikakap Kawal Percepatan LTT UPSUS Padi dan Jagung

117

PILARBANGSA.COM, Sikakap – Rabu 12 September 2018 tim L.O BPTP Balitbangtan Sumbar sampai di Sikakap. Kegiatan pertama adalah pendistribusian sekaligus penyerahan benih Padi Gogo Situbagendit dan Jagung JH – 27 sebagai usaha percepatan realisasi tanam melalui penyalur PT.Pertani di Sikakap untuk Kec. Pagai Selatan jagung 8.625 kg, padi gogo 2.175 kg, Kec. Pagai Utara jagung 5.250 kg, padi gogo 1.250 kg, Kec. Sikakap Jagung 6.780 kg, padi gogo 1.750. Kamis 13 September 2018 kegiatan tim di bagi menjadi dua tim. Tim pertama Fadli Hendrawan bersama Koordinator Penyuluh Pertanian Pagai Selatan Puspadoni,SP serta Ertina mewakili Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab.Kep. Mentawai menuju pulau Pagai Selatan pukul 07.30 WIB ke Kantor BPP Pagai Selatan untuk melakukan serah terima benih padi gogo dan jagung kepada kelompok tani penerima.

Tim sempat mengunjungi areal persawahan di Desa Malakoppa. Situasi lapangan sempat diguyur hujan dalam perjalanan darat dengan kondisi jalan tanah dan jalan setapak dengan kendaraan roda dua sejauh 80 km.

Selain itu meninjau calon lokasi lahan pertanaman jagung di sekitar kantor BPP Pagai Selatan. Tim sempat melakukan diskusi dengan petani setempat, menjumpai permasalahan berupa terlalu tingginya tembok saluran irigasi yang telah dibuat sehingga menghalangi drainase air sawah keluar dari areal persawahan.

Hal ini juga menghambat masuknya hand tractor memasuki lokasi persawahan. Petani telah melaporkam hal ini kepada pihak pemborong. Solusi yang bisa dilakukan setelah serah terima akan dilakukan pembobolan saluran airnya.

Tim kedua Heru Rahmoyo Erlangga,S.TP bersama rombongan Dinas Pangan dan Pertanian Kab.Kep. Mentawai menuju BPP Sikakap melakukan temu penyuluh pertanian dalam acara pembekalan penyuluh pertanian untuk pertanaman tumpang sari padi gogo dan jagung serta percepatan tanam.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kab.Kep.Mentawai menyampaikan bahwasanya penyuluh harus senantiasa mendamping petani dan mensukseskan program-program pemberdayaan yang di gulirkan oleh pemerintah. Kapten Hery Nuddin selaku Danramil Sikakap menyampaikan agar sinergi dilapangan antara penyuluh pertanian dengan babinsa sehingga program lebih terarah.

Kegiatan pembekalan penyuluh pertanian dihadiri oleh 21 orang penyuluh ASN dan THL TBPP di tiga kecamatan; Sikakap, Pagai Utara dan Pagai Selatan. Selain itu turut serta 3 orang babinsa.

Dalam sesi diskusi berjalan hangat, ada pertanyaan seputar; ketentuan penggunaan herbisida saat pembersihan lahan, komdisi air sawah saat melakukan pemupukan, cara melakukan pemberantasan hama tikus serta optimalisasi penggunaan alsintan.

Selepas acara pembekalan tim sembat mengunjungi beberapa areal persawahan, menjumpai petani berdiskusi tentang masalah dan pemecahan nya diantaranya masih adanya petani yang melakukan persemaian padi dibawah tegakan pohon kelapa dan masih kurangnya sanitasi lahan sawah mereka. Tim memberikan pemahaman pentingnya melakukan semauan benih di dalam lahan sawah mereka. Selain itu tim juga melakukan motivasi agar lahan sawah yang bera bisa segera digarap dan ditanami. (hr)

loading...

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here