Kurikulum 2013 Guru Hanya Membimbing Siswa Harus Kreatif

447

Pilarbangsa.com, Dharmasraya – Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya memfasilitasi pelaksanaan Bimtek guru sasaran kurikulum 2013 jenjang SMP se Kabupaten Dharmasraya mulai tanggal 12 s/d 17 Mei 2017.

Peserta keseluruhan berjumlah 169 orang dimana pelaksanaanya terdiri dari dua Tempat Pelaksanaan Kegiatan (TPK) yaitu TPK SMP Negeri 1 Pulau Punjung peserta berjumlah 85 orang dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, PAI, B. Inggris, PPKn dan Matematika.

Kemudian yang satu lagi di langsungkan di TPK SMP Negeri 2 Sitiung dengan jumlah peserta 84 orang, bidang studi IPA, IPS, Seni Budaya, Prakarya dan PJOK. Berhubung dalam waktu bersamaan Dinas Pendidikan melaksanakan dua kegiatan maka untuk TPK SMP N 1 Pulau Punjung dibuka secara resmi oleh sekretaris Dinas Pendidikan Reno Lazuardi, MSi. dan TPK SMP N 2 Sitiung dibuka secara resmi oleh Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Indra Friedi, S.Pd. MM.

Sedangkan kepala Dinas Pendidikan Marius, S.Pd. MM membuka secara resmi kegiatan FLS2N di SD N 08 Pulau Punjung.

Indra Friedi, S.Pd MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada LPMP Sumatera Barat yang telah membiayai kegiatan Bimtek ini, kami hanya memfasilitasi saja kata beliau.

Lebih lanjut disampaikan kurikulum 2013 pada prinsipnya perubahan cara pandang dan cara mengajar guru, laksanakan tugas dengan ikhlas dan kembangkan potensi kita dengan motto “ingin teratas jaga kualitas”.

Dalam sambutanya Walmukminin sebagai Penanggung Jawab Akademi LPMP Sumbar menyampaikan inti kurikulum 2013 itu merobah cara berfikir dan cara belajar. Pada kurikulum terdahulu guru dituntut aktif menguasai materi dan informasi kemudian dicurahkan kepada siswa, dalam kurikulum 2013 guru hanya memfasilitasi dan siswalah yang dituntut lebih kreatif mencari informasi.

Empat perubahan mendasar dalam kurikulum 2013 adalah, pertama ada pendidikan karakter didalamnya. Kedua Literasi (gaya membaca, menyajikan dan menyimpulkan) dan ke 3, pembelajaran kreatif, berfikir kritis, kolaboratif dan komunikatif. Terakhir, pembelajaran dan penilaian hots (berfikir tingkat tinggi).

Dalam Kurikulum 2013 itu dengan motto “Maju bersama hebat bersama” imbuhnya.

loading...

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here