Panitia Pilkades Desa Lawelu Tetap Tegaskan Hanya 3 Orang Calon Kepala Desa

1873
Theo David Syah Putra Gulo ( Sekretaris Panitia Pilkades Lawelu didampingi Syukur Septianus Gulo ( Anggota) Dok/ Famo

PILAR BANGSA.COM, NIAS BARAT – Terkait adanya permasalahan pencalonan Kepala Desa di desa Lawelu Kecamatan Ulu Moro’o Kabupaten Nias Barat, Panitia Pilkades tetap memutuskan menggugurkan Yustenis Gulo sebagai Calon Kepala Desa Lawelu.

Hal ini dikatakan Theo David Syah Putra Gulo Sekretaris Panitia Pilkades Desa Lawelu yang didampingi Anggota Panitia Pilkades  Syukur Septianus Gulo di Onolimbu, jln. Soekarno Hatta, rabu (27/09/2017)  mengatakan Alasan panitia  menggugurkan calon Kepala Desa Atas Nama Yustenis Gulo  di desa Lawelu Kecamatan Ulu Moro’o Kabupaten Nias Barat Karena yang bersangkutan saat melakukan pendaftaran di kantor panitia Pilkades pada tanggal 29 Agustus 2017 yang lalu saat penerimaan berkas yang bersangkutan hanya menyerahkan SKHU ( Surat Keterangan Hasil Ujian ) Paket C dengan Nomor : 423.7/210 – KP/2017 yang ditanda tangani oleh  Kepala SMA Negeri 1 Lahomi selaku Ketua Penyelenggara, sementara ijazah Asli yang bersangkutan tidak bisa ditunjukkan saat itu kepada panitia pilkades, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nias Barat Nomor 35 Tahun 2017 Pasal 30 Huruf D, yang intinya wajib menunjukkan Ijazah Asli kepada Panitia Pemilihan pada waktu pendaftaran,ujarnya.

“ Mengenai SKHU yang diserahkan oleh Yustenis Gulo,  setelah diteliti ditemukan kejanggalan pada SKHU yang dimiliki calon tersebut ujar david.

Saat ditanya Kejanggalan dimaksud, Ia mengatakan Saat Panitia Meneliti berkas Yustenis Gulo Terdapat Nilai Bahasa Indonesia di SKHU tersebut hanya bergaris datar ( – ) dan Penjumlahan Nilai Sekolah dan Ujian Nasional tidak sesuai / sudah salah. ungkap David.

Dipertegas lagi Ketua Panitia Pilkades  Ta’ungoi Gulo, Saat dikonfirmasi Melalui Sambungan Telepon Seluler pada hari yang sama, mengatakan Sesuai dengan Perbup Kami panitia pilkades telah meneliti dengan baik dan menyeleksi beberapa calon maka telah menetapkan 3 orang calon yang memenuhi Kriteria atau Persyaratan dan selanjutnya menetapkan sebagai Calon Kepala Desa Lawelu atas nama : Fajokhi Gulo,SE – Iza,i Gulo dan Desember Gulo Sebagai Calon Kepala Desa yang berhak dipilih pada Pilkades Desa lawelu kecamatan Ulu Moro,o. Ujarnya.

Saat ditanya kepada Ketua Panitia tentang adanya undangan  pertemuan yang digelar di ruang meeting Wakil Bupati Nias Barat,selasa (26/9)  terkait keberatan/laporan atas penetapan  calon kepala desa Lawelu,sebelumnya ia menginformasikan bahwa dirinya lagi di rawat di RSU Gunungsitoli dan telah memberi Kewenangan untuk mengikuti pertemuan dimaksud Kepada Sekretaris dan Anggota Panitia untuk mempertahankan keputusan Panitia Pilkades sebelumnya tertanggal 6 September 2017.

Ia menambahkan Kalau ada lagi yang mengatakan masih ada tahapan – tahapan lain selain itu  maka panitia tetap bertahan pada keputusan awal,ujarnya mengakhiri.

( FT )

loading...

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here