PDIP Bisa Cari Pengganti Bila Ahok Jadi Tersangka

268

pilarbangsa.com – Umat muslim tanah air akan turun ke jalan pada tanggal 4 November 2016 besok, untuk menuntut agar Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diusut secara hukum atas dugaan penistaan agama Islam yang dilakukan oleh Ahok.

Jika demonstrasi besar 4 november besok berjalan masif, pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta Ubedillah Badrun (Ubed) mencatat setidaknya ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi terkait posisi Ahok dan situasi sosial Jakarta dan nasional yang patut menjadi perhatian rakyat, elite politik dan penegak hukum.

Pertama, Ahok ditetapkan bersalah menjadi tersangka dan dipenjara.

“Maka PDIP mencari pengganti Ahok. Umat Islam akan berterima kasih pada aparat dan sebagian etnis tionghoa menjadi tenang, karena tidak terjadi kerusuhan seperti yang dibayangkan,” kata Ubed kepada Kantor Berita Politik RMOL di Jakarta, Kamis, (3/11).

Karena Ahok tersangka, berarti ada jaminan Pilkada DKI akan berlangsung aman dan situasi politik dan sosial di Jakarta kembali normal.

Kedua, proses hukum Ahok ditunda setelah Pilkada melalui pengumuman resmi Kapolri dan Presiden yang disampaikan secara rasional dan nasional. Jika rakyat kemudia menerima alasan penegak hukum atas penundaan perkara hukum itu, maka Pilkada akan berjalan lancar, dan Ahok akan menang.

“Kemudian Ahok mengubah gaya komunikasinya jadi santun, jarang bicara dan minta maaf kepada umat Islam,” urainya.

Jika itu yang terjadi, menurutnya Ahok dan pendukungnya akan bergembira, sementara umat Islam dikecewakan tapi tetap sabar karena dapat diredam oleh para ulama yang pro terhadap penguasa.

“Elite politik dan kepolisian bekerja keras untuk meminimalisasi pemicu potensi protes, meski nantinya protes akan tetap ada,” kata Ubed lagi. [ysa]

loading...

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here