Sekjen Minta Kakanwil Kemenag Pro Aktif dalam Pemeriksaan BPK

44
Sekjen Nur Syam Didampingi oleh Karo Keuangan dan BMN M. Ali Irfan

PILARBANGSA.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam pimpin rapat koordinasi dengan para Kepala Kanwil dan Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Provinsi terkait pemeriksaan laporan keuangan tahun 2017 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Rakor berlangsung di kantor Kemenag Jakarta, Rabu (17/01).

Sekjen menjelaskan bahwa pada awal tahun ini, BPK akan memeriksa Kemenag dengan mengambil sample 18 Kanwil Kemenag Provinsi, yaitu: DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Banten, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, NTB, dan NTT.

“Kita bersyukur karena saat entry briefing, pihak BPK telah memberikan daftar mengenai hal-hal yang akan diperiksa,” ujar Sekjen. Ia juga meminta agar para Kakanwil dapat berperan aktif dalam memberikan penjelasan pada BPK. Sekjen berpesan agar proses pemberian data pada pemeriksa disertai dengan penjelasan.

“Kalau memberikan data, jangan biarkan data kita berjalan sendiri karena data tidak bisa berbicara,” kata Sekjen.

Nur Syam menambahkan bahwa jika diperlukan, ketika menyerahkan data pihak terperiksa agar menunggu jika ada yang akan ditanyakan oleh pemeriksa. Ia berharap agar para pejabat turut aktif dalam menjawab pertanyaan dari pemeriksa. “Jangan hanya menyerahkan pada staf,” demikian pintanya.

“Data yang kita berikan harus dikawal dengan benar. Jangan sampai ada pejabat yang terkait dengan ini, pergi,” ujar mantan Rektor IAIN Sunan Ampel ini.

“Oleh karena itu saya minta selama pelaksanaan pemeriksaan BPK ini, janganlah orang-orang kunci yang tahu persis, tidak hadir. Jangan tinggalkan kantor,” tegas Sekjen.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen juga menginstruksikan pada para Kakanwil agar menyelesaikan pagu minus sebelum Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) Tahun 2017 diserahkan ke Kementerian Keuangan Bulan Februari mendatang.

loading...

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here